Senin, 14 Juli 2008

Perpustakaan Masjid

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam dunia promosi, dukungan teknologi informasi dan komunikasi (ICT—Information and Communication Technology) terutama internet merupakan terobosan baru yang dimanfaatkan sebagai media promosi oleh suatu perusahaan maupun organisasi. Hal ini disebabkan internet mampu menutupi berbagai kelemahan media informasi lainnya, seperti keterbatasan ruang, keterbatasan periode terbit, maupun keterbatasan waktu tayang. Saat ini internet bukan merupakan hal yang elit milik kaum intelektual maupun profesional yang bergerak di bidang IT (Informasi Teknologi), namun teknologi ini sudah merupakan milik semua golongan.
Untuk memenangkan persaingan, perpustakaan perlu menerapkan media yang tepat dalam mempromosikan produknya, sehingga produk yang dihasilkan tetap diminati oleh masyarakat. Pemanfaatan aplikasi website sebagai sarana media promosi dan layanan informasi dapat menjadi solusi yang tepat dan efektif karena internet sebagai media informasi mampu menyajikan informasi tanpa batas dan dapat diakses oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun (Suyanto, 2003:9).
Informasi merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Menurut Mustafa (1996:3), kondisi perpustakaan sesungguhnya tak jauh beda dengan organisasi atau lembaga lain yang tujuan utamanya adalah pencari laba. Perpustakaan juga dituntut untuk dapat memasarkan jasa informasi atau produk yang dihasilkan.
Perpustakaan masjid merupakan salah satu jenis perpustakaan yang dikelompokkan sebagai perpustakaan umum, karena tugas dan fungsinya melayani umum sesuai dengan agama yang dianut masyarakat setempat (Qalyubi, 2007:7-8). Sesuai dengan tujuan perpustakaan masjid, yaitu untuk pembinaan dan pengembangan pendidikan masyarakat Islam (Sumpeno, 1994:10).
Perpustakaan Masjid Siti Rawani merupakan salah satu perpustakaan masjid yang berada di Kota Bekasi, yang berlokasi di Jalan Swatantra V Villa Nusa Indah Raya No. 1, Jatiasih-Kota Bekasi yang didirikan pada tahun 1990 oleh Yayasan Al-Fajar.
Berdasarkan survei yang dilakukan peneliti pada tanggal 12 November 2007, koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Masjid Siti Rawani tidak hanya saja terbatas dalam bentuk cetak, tapi juga bentuk non cetak. Fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan berupa jasa layanan internet dan fotokopi, usaha ini untuk mempermudah masyarakat dalam mencari informasi atau suatu data yang berhubungan dengan bidang keagamaan dan bidang umum lainnya.
Website (situs) merupakan kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan gabungan dari semuanya itu, baik yang bersifat statis maupun dinamis (Pardosi, 2004:17). Aplikasi website merupakan bagian integral dari konsep pemanfaatan teknologi informasi, sehingga untuk media promosi perpustakaan akan lebih efektif.
Web cepat sekali populer di lingkungan pengguna internet, karena kemudahan yang diberikan kepada pengguna internet untuk melakukan penelusuran, penjelajahan, dan pencarian informasi. Menurut Syafrizal (2005), jumlah pengguna internet yang besar dan semakain berkembang telah mewujudkan budaya internet. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memperkirakan pengguna internet akan terus meningkat tiap tahunnya. Hal itu berdasarkan analisis tren tahun 2005 di mana pengguna internet Indonesia naik hampir 50% dari 11 juta di tahun 2004 menjadi 16 juta pada 2005.
Data di atas membuktikan teknologi informasi mampu mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Berbagai kepentingan mulai dari gaya hidup (life-style), sarana pelengkap hingga menjadi perangkat vital dapat terjembatani. Hal ini bukan saja terjadi pada masing-masing individu tetapi juga terjadi pada organisasi secara luas.
Hasil survei yang dilakukan peneliti menunjukan Perpustakaan Masjid Siti Rawani Kota Bekasi belum menyediakan website sebagai media promosi. Responden yang diwawancarai peneliti, Drs. H. Mahmud Rahmatullah (Ketua Dewan Kehormatan Masjid) mengatakan kebutuhan aplikasi web sebagai media promosi perpustakaan merupakan kebutuhan yang mendesak. Menurutnya, layanan ini dapat menjadi media informasi yang dapat diakses oleh masyarakat Kota Bekasi dan masyarakat yang membutuhkan informasi tentang perpustakaan masjid.
Penelitian ini mencoba mendesain website Perpustakaan Masjid Siti Rawani Kota bekasi sebagai media promosi perpustakaan agar informasi tentang perpustakaan dapat diakses secara lebih meluas.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: Bagaimanakah desain web yang efektif sebagai media promosi Perpustakaan Masjid Siti Rawani Kota Bekasi?

1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
Merancang aplikasi website sebagai media promosi Perpustakaan Masjid Siti Rawani Kota Bekasi sehingga berbagai sumber daya (resources) mudah diakses oleh masyarakat luas secara on-line.
2. Manfaat Penelitian
a. Bagi peneliti
1. Sebagai salah satu syarat kelulusan pada program Strata 1 pada jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI) Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
2. Menerapkan ilmu dan teori selama mengikuti pendidikan ke dalam aplikasi nyata sebagai perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi.
3. Mengembangkan pola keilmuan dan membuka wawasan pengetahuan sesuai bidang teknologi informasi, khususnya internet terkait dengan media promosi perpustakaan.

b. Bagi instansi
1. Perpustakaan Masjid Kota Bekasi memiliki media promosi baru yang bersifat online.
2. Peningkatan kinerja pelayanan Perpustakaan Masjid Siti Rawani Kota Bekasi pada masyarakat.
3. Bisa menjadi media interaksi dan mencari ide dan masukan dari masyarakat tentang pelayanan dan kinerja Perpustakaan Masjid Kota Bekasi

c. Bagi masyarakat
1. Masyarakat bisa mendapatkan informasi yang dikelola oleh Perpustakaan Masjid Siti Rawani Kota Bekasi, kapanpun tanpa batasan jam kerja.
2. Bisa media menyampaikan ide, masukan, dan kritik pada kualitas layanan dan kinerja Perpustakaan Masjid Kota Bekasi.

1.4 Sistematika Penulisan
Laporan penelitian ini disusun dengan sistematika sebagai berikut:
1. Bab I Pendahuluan
Bab ini berisi latar belakang penulis dalam memilih atau menentukan judul. Dalam bab ini dibahas juga rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, serta sistematika penulisan.
2. Bab II Kerangka Pustaka dan Landasan Teori.
Bab ini menguraikan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh peneliti lain sebelumnya dan menjelaskan teori-teori yang mendasari pembahasan secara detail, definisi-definisi, dan uraian yang akan diselesaikan melalui penelitian.
3. Bab III Metode Penelitian.
Bab ini menguraikan pendekatan penelitian, subjek penelitian, metode validasi dan reliabilitas, metode pengambilan data, metode analisis data, dan desain penelitian.
4. Bab IV Analisis Data
Pada bab ini, dipaparkan hasil-hasil dari tahapan penelitian dari tahap analisis, desain, hasil testing, dan implementasinya, berupa penjelasan teoritik secara kualitatif.
5. Bab V Penutup
Bab ini berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan diambil dari poin-poin hasil analisis atas objek penelitian. Saran merupakan rekomendasi peneliti untuk penelitian lebih lanjut.